5 Doa Agar Hajat Terkabul, Umat Islam Harus Tahu!

Sebagai muslim dan muslimah yang taat, kita wajib berikhtiar saat memiliki keinginan atau hajat. Ikhtiar maksudnya adalah berusaha namun tetap diiringi dengan doa pada Allah SWT. Sesungguhnya, Allah maha mengabulkan keinginan hambanya, meski memiliki kebijakan sendiri. Lantas, apa saja doa yang bisa dilantunkan agar hajat dikabulkan? Berikut informasinya untuk Anda.

Doa Agar Keinginan Terkabul

  1. Surat Al Fatihah

Doa pertama yang dapat digunakan sebagai doa agar hajat terkabul adalah surat al fatihah. Pasalnya, surat al fatihah ayat ke 5 berbunyi iyyakana’buduwa iyya kanasta’in. Ayat ke 5 dalam surat al fatihah ini artinya adalah “Hanya Engkau yang kami sembah dan hanya pada Engkau kami meminta pertolongan.

Setelah mengetahui arti dari ayat ke 5 dari al fatihah, apakah Anda tahu inti dari ayat al fatihah tersebut? Pada intinya, ayat ini mencerminkan bahwa seorang muslim atau muslimah mengakui bahwa meminta pertolongan dan mengharapkan bantuan mengenai masalah apapun hanya kepada Allah SWT. Maka dari itu, ayat ini direkomendasikan jika memiliki keinginan.

  1. Surat Al Baqarah

Kemudian, doa selanjutnya yang mampu mengabulkan keinginan umat islam jika dibarengi dengan usaha adalah surat Al Baqarah ayat 285-286. Ayat-ayat terakhir pada surat Al Baqarah biasanya dibaca setelah pembacaan ayat kursi. Surat al baqarah ayat ke 285 dan 286 ini juga dapat dibacakan sebagai penerus ayat kursi untuk memanjatkan keinginan dan hajat.

Sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW dari Abu Mas’ud Al Badri Ra, orang-orang yang membacakan dua ayat terakhir dari surat Al Baqarah pada malam hari akan diberikan kecukupan oleh Allah SWT. Kecukupan ini maksudnya adalah kecukupan dalam dunia maupun di akhirat nantinya.

  1. Surat Al Ikhlas

Selanjutnya, doa agar hajat terkabul adalah surat al ikhlas. Surat Al Ikhlas sendiri pada intinya memerintahkan umat islam untuk mengesakan Allah SWT. Selain itu, membacakan surat Al Ikhlas juga menjadi salah satu doa yang mustajab untuk mengabulkan hajat dan keinginan, sesuai yang tertera pada Hadis Riwayat Abu Daud.

  1. Ayat Kursi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Al Baqarah dapat menjadi salah satu doa agar hajat atau keinginan yang terkabul setelah pembacaan ayat kursi. Yang mana bahwasannya ayat kursi juga mampu menjadi doa untuk mengabulkan keinginan umat islam jika disertai dengan usaha yang sepadan.

Ayat kursi, yang merupakan ayat ke 255 dalam surat Al Baqarah ini, merupakan ayat yang direkomendasikan saat memiliki keinginan. Pasalnya, ayat ini intinya menjelaskan tentang kemartabatan yang dimiliki oleh Allah SWT serta mencakup nama Allah yang agung, yakni Al Hayyu dan Al Qayyum.

  1. Asmaul Husna

Selanjutnya, asmaul husna juga menjadi salah satu doa yang bisa dilantunkan ketika sedang memohon keinginan atau hajat pada Allah SWT sebagai doa agar hajat terkabul. Asmaul husna adalah sebutan bagi nama-nama Allah. Sebutan dalam asmaul husna ini berjumlah sebanyak 99 nama yang seluruhnya menggambarkan sifat-sifat Allah SWT.

Pembacaan asmaul husna sangat dianjurkan karena berbagai keutamaannya.beberapa manfaat asmaul husna diantaranya adalah mendapatkan kebaikan, berkah, dan perlindungan Allah SWT. Hal ini sesuai dengan firman Allah pada surat Al A’raf 7:180, yang berarti “Allah memiliki asmaul husna, bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaul husna tersebut.”

Nah, demikian 5 doa agar hajat terkabul yang perlu Anda ketahui. Meski telah mengetahui doa-doa tersebut, jangan lupa untuk tetap berusaha untuk mencapai keinginan Anda. Allah menyukai hamba-Nya yang berikhtiar, yaitu muslim dan muslimah yang berusaha diiringi dengan berdoa. Anda juga bisa download ayat kursi yang juga bisa diperdengarkan di sehari-hari.